Saturday 27 February 2016

Tips Mencari Penulis Artikel Berkualitas Untuk Blog/ Website

Halo sobat blogger di negeri tercinta ini, ada kalanya ketika blog kita sudah mulai banyak pengunjungnya, tentunya kita tidak selamanya untuk mengelola blog kita sendirian. Dengan begitu ada kalanya kita membutuhkan seorang penulis artikel atau content writing yang handal di bidangnya dalam hal mengelola kata perkata dan frasa kata yang benar agar tercipta sebuah cerita atau topik yang sedang di bahas tersebut mudah dipahami oleh pembaca, tujuannya tak lain untuk membesarkan nama blog kita. Ini artinya kita harus meminta tolong orang lain untuk mengerjakan blog kita dengan sungguh-sungguh sebagai seorang penulis blog yang berkualitas.
Pada awalnya ketika sebelum blog kita besar, tentunya memang kita berusaha sekeras mungkin untuk mengelola blog itu sendirian hingga berada di batas puncaknya. Mengingat saat menulis sendiri, riset keyword bidikan kita sendirian, posting artikel sendiri. Dan pada akhirnya nama blog kita jadi besar, tapi kita tentu tidak bisa mengimbanginya sebab blog besar biasanya juga membutuhkan sebuah artikel yang masih fresh dan unik untuk di baca tidak membosankan, terlebih sesuai apa yang dicari oleh pembaca. Untuk itu bisa jadi ketika blog kita sudah menghasilkan berarti kita wajib untuk menghirekan ke penulis artikel untuk menjadikan blog kita tambah besar.
So, dalam memilih penulis artikel tentunya ada syarat wajib salah satunya ialah memfilter dan menseleksi yang terbaik buat blog kita. Memfilter ini bukan berarti kita mencari kesempurnaan lho! Tentunya kita juga berfikir banyak teman-teman di luar sana yang ingin berbagi rezeki dengan kita. Tentunya kita sebagai blogger ketika sudah sukses (idealnya sih kalo saya belum sukses-sukses bangetlah), namun setidaknya kita berbagi rezekilah dengan orang lain. Jadi meskipun kita ingin berbagi, belum tentu kita selalu di respon positif dengan penulis-penulis andalan kita. Bisa jadi kita bukan di tuliskan tulisan artikel yang berkualitas, namun tak jarang kita malah dikerjain saja, duit kita di ambil ketika sudah men-transfer dahulu, namun pekerjaan tak kunjung selesai-selesai. So, itu secara tak langsung juga akan menyita sebagian waktu kita untuk nge-blog kembali, hanya sebatas mengurus uang yang nominalnya sepele dan akhirnya malah akan menghambat produksifitas kita sebagai blogger sejati.
Okelah kawan, ketika Anda ingin mencari penulis blog yang murah dan berkualitas simaklah tips berikut ini:
Tips Mencari Penulis Artikel Yang Murah Tetapi Tidak Murahan
1.    Servicenya Tidak Lemot
Oke kawan, dalam tulisan kali ini, saya hanya ingin berbagi kepada Anda bagaimana mencari penulis artikel yang bagus, yang murah tetapi tidak murahan. Ya, sebetulnya prinsip ekonomi sih wajar-wajar saja, ketika beli artikel murah jangan minta cepat. Ketika kita beli artikel ingin cepat jangan minta murah. Ketika kita beli artikel murah dan jangan pula minta bagus. Hemm...apakah mungkin prinsip ini yang anut oleh salah satu penulis saya ya! Namun yang jelas, sebelum jauh saya bercerita tentang tulisan ini, pastinya saya sudah memperkirakan apakah artikel dikerjakan dengan lambat dengan order hanya 100 artikel selama dua bulan ya? Bahkan mungkin bisa jadi lebih dari 2 bulan. Jika kita ngomong profesional sih, kalo ngomong asli penulis, Saya meskipun hanya menulis dengan part time, karena jika siang Saya kerja Offline, saya mampu menulis minimal 3 hingga 4 artikel dengan mnimal 500 kata. Berarti jika penulis profesioanl tentunya lebih cepat dari saya, karena memang full time menjadi penulis, dan rata-rata kalo penulis sudah profesional biasanya memang bermain dengan tim. Jika sudah selevel ini, berarti lebih cepat dong! Jika saya order 80 artikel utama saya lebih dari dua bulan, berarti ini sudah bukan waktu ideal lagi, so menurut saya, ketika Anda ingin order artikel dengan jangka waktu selama itu, ini bukan waktu idela lagi. Percuma dong sewa penulis, ternyata malah gak produktif. Ini hanya bicara soal waktu, belum bicara pada soal kualitas artkel yang mungkin bisa jadi bisa berantakan dan juga bisa sedikit tidak berantakan..heheh Namanya juga manusia, sebetulnya saya untuk kualitas tulisan tidak menuntut 100 persen sempurna lho! Hanya sekelas standart saja lah! Bukan yang maha sempurna, karena wajar dengan harga yang murah kita juga tidak menuntut tulisan yang sempurna.
So, ketika Anda ingin mencari penulis yang bagus, idealnya jangan memilih service yang lemot seperti Dionisius Legionis Nanda Angelus. Bahkan kalau saya bilang super lemot, masak artikel cuman 100 artikel, ketika pertama kali order bulan desember 2015, hingga hari ini sudah mau memasuki pertengahan february 2016 belum selesai. Ya, saya sudah konfirmasi, ternyata di jawab dengan berbagai alasan yang menurut saya sudah tak masuk akal. Katanya mbahnya meninggal dunialah, yang sibuk tugas dosen lah dan alasan-alasan lainnya. So, saran saya untuk teman-teman ketika memilih penulis artikel idealnya, pilihlah penulis yang memiliki service yang tidak lemot. Silahkan lemot, asal wajar. Mungkin saya juga memahami, jobnya super buuuuaanyak dan berjibun, sehingga kebingungan menyelesaikan scedule pekerjaan. Tetap yang jelas, jika artkel hanya 100 biji, orderan hanya 100 artikel masak harus diselesaikan selama dua bulan lebih.
Hanya sebagai perbandingan saja, Saya punya penulis artikel yang barusan saya training, tingkat produktifitasnya tidak separah ini! Meskipun pemula, saya target sehari 3 artikel dengan mnimal 700 hingga 800 kata, dia mampu kok. Padahal sebelumnya tak tahu menahu dan mengerti cara menulis artkel yang bagus.
2. Memiliki Reputasi Yang Baik (Rekomended)
Ketika Anda ingin mencari penulis artkel yang ideal, memang setidaknya mencari penulis yang rekomended. Ya, penulis yang di rekomendasikan oleh teman-temn dekat Anda kalo servicenya bagus dan berkualtas. Bagus di sini sebetulnya menurut saya cukup relatif sih. Kalo saya sendiri yang penting tidak copas, meskipun kurang SEO-SEO banget, nanti ketika Saya posting tetap akan saya edit lagi agar artikel itu bsa memenuhi kualitas penulisan yang standar. Untuk urusan penulis, sebetulnya menurut saya, enak dibaca dan seo sudah cukup. Gak harus sempurna-sempurna banget! Yang penting itu tentang tulisan berbagi, khusunya hal-hal yang postif tentunya gak begitu masalah buat saya. Asal jangan copas mentah-mentah.
3. Usahakan Bayar Di Belakang Untuk menghindari Penipuan Atau Kerja Si Penulis Gak Bener
Salah satu tips berikutnya untuk mencari penulis yang bagus adalah jangan biasakan membayar duluan ke penulis tersebut, ketika Anda belum kenal-kenal banget kalau ada penulis amanah dan terpercaya. Banyak juga kok saya order ke penulis gak wajb bayar duluan, saya bayar ketika order tulisan sudah selsai.
4. Berbicara Sopan dan Santun Kepada Palanggan
Dalam hal berbicara yang sopan santun memang wajib hukumnya menurut saya. Sebab antara pelanggan dan si jasa pembuat artikel murah agar terjalin dengan baik, bukannya malah bentak-bentak si pelanggan ketika menuntut haknya mendapatkan artikel yang sudah di sepakati sebelumnya.
5. Jujur

Tips memilih penulis artikel murah berkualitas yang terakhir ialah jujur dalam perkataan. Maksudnya semisal si penulis artikel jika hanya sendirian Ia mampu membuatkan artikel katakanlah sehari sebanyak 30 biji. Sehingga bila kuota artikel yang Ia sanggupi melebihi batas alangkah baiknya mereka jujur adanya dengan bahasa yang halus menolak si pelanggan lain. Bukan malah berapapun pelanggannya di terima begitu saja dan menyuruh mentransfer uang dahulu agar dikerjakan. Namun setelah semua uang ada di tangan serta pelanggan menuntut haknya untuk pembuatan artikel malah diam saja atau paling sering ialah janji palsu  atau aliasnya dalam bahasa jawanya “di semayani wae”, ini kadang membuat pelanggan geram akan ulahnya si penulis artikel murahan Mas Dion. 

3 comments: